Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Walau proses penelusuran kerja terjadi lama, tetapi cukup banyak orang yang belum juga tahu bagaimanakah cara menulis surat lamaran kerja yang baik. Banyak yang menulis surat lamaran kerja dengan berbelit serta membuat staf HRD jemu.

Yang penting dari menulis surat lamaran ialah lembar pembukaan yang dikirim bertepatan dengan curriculum vitae (CV) dan lampiran yang diperlukan oleh perusahaan. Untuk bikin surat lamaran pekerjaan yang baik, saya mengutip dari keepcornwallwhole.org yang menjelaskan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja beserta contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

  • Jangan menulis lagi yang berada di CV

Surat lamaran pekerjaan semestinya memang menerangkan apa perolehan kalian serta banyak hal yang berada di CV. Tetapi upayakan jangan membuat sama juga dengan CV yang kalian catat untuk lampiran. Coba kumpulkan perolehan serta data kalian dengan singkat serta memakai beberapa kata yang menarik.

  • Paragraf pertama serta paling akhir

Lihat paragraf pertama serta paling akhir pada surat lamaran kerja. Yakinkan paragraf awal kalian tidak berbelit serta langsung ke inti ulasan. Paragraf awal harus jelas serta berbentuk jual. Sesaat di paragraf paling akhir kalian harus kelihatan tegas serta minta mereka mengontak bila sudi. Jangan buat paragraf paling akhir yang mengambang, kelihatan tidak perduli atau begitu mengharap secara jelek.

  • Mengulas perusahaan

Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, kerjakan dahulu beberapa riset berkaitan perusahaan. Faksi perusahaan akan suka bila kalian tahu beberapa hal mengenai mereka. Tetapi jangan berbusa-busa saat membicarakannya. Masih jelas serta perlihatkan bagaimana perusahaan itu membuat kalian berkesan serta di bagian apa kalian dapat bermanfaat buat mereka.

  • Jangan katakan semua potensi

Semua potensi serta ketrampilan yang kalian punya tentu saja telah berada di CV yang kalian lampirkan. Karena itu jangan repot mengatakan semua di surat lamaran pekerjaan. Katakan tiga atau optimal lima saja potensi dan pengalaman yang kalian kira paling baik serta sesuai pekerjaan yang kalian lamar.

  • Perlihatkan kepribadian

Yakinkan surat lamaran kerja yang kalian catat dapat menggambarkan begitu antusiasnya kalian untuk mendapatkan pekerjaan itu. Jangan pakai kalimat negatif serta pakai kalimat kerja aktif yang dinamis.

  • Tulis tangan surat lamaran kerja

Terkecuali kalian memakai lembar lamaran kerja spesial dari perusahaan atau dengan cara online, yakinkan kalian tanda-tangani surat lamaran kerja yang kalian kirimkan. Ini kemungkinan terdengar kuno, tetapi ini memperlihatkan keaslian diri kalian lewat tanda-tangan.

  • Presentasi surat

Walau didalamnya benar-benar menarik, tetapi bila surat lamaran kerja kalian buruk, kotor, penuh dengan typo serta salah tulis, karena itu nilai lamaran kalian akan menyusut. Karena itu, sebelum mengirimnya, cek lagi. Meminta rekan atau keluarga untuk membacanya serta cari tahu kesalahannya sebelum dikirim.

Itu beberapa panduan yang dapat kalian kerjakan untuk bikin surat lamaran kerja yang baik serta dapat mengundang perhatian faksi perusahaan. Bila kalian ingin kirim surat lamaran kerja, semakin lebih baik bila mengirimnya pada hari Senin, seperti hasil riset di sini.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply